Minggu, 26 Juni 2011

Karakter Orang Indonesia di Dunia Game



Indonesia memang negara besar dengan potensi yang luar biasa. Walaupun belum mencapai ketenaran sekelas negara adidaya, namun keindahan alam dan sumber daya yang kaya menjadi daya tarik sendiri bagi berbagai industri yang ada di muka bumi. Namun, yang menjadi masalah adalah tidak sedikit yang masih melihat negara tercinta ini tidak lebih dari negara penuh kekerasan dan pergolakan. Beberapa tercermin dari film, tidak sedikit yang hadir dari novel fiksi dan nonfiksi. Yang lainnya? Hadir melalui industri game yang selama kita ini kenal. Percaya atau tidak, beberapa game menghadirkan karakter yang berasal dari Indonesia dan memainkan peranan yang penting dalam cerita. Siapa saja?
1. Linny Barilar (Front Mission 3)




Linny Barilar sendiri berasal dari Sulawesi dan merupakan salah satu karakter yang cukup penting sebagai sidekick karakter utama di Front Mission 3. Barilar diceritakan sebagai pewaris perusahaan Barilar Cooperation yang berfokus pada industri agrikultur. Pada awalnya, misi Barlilar sebenarnya sederhana, yaitu mengenalkan kepada dunia, produk perusahaan mereka, Methane Wanzer, yang mampu menggunakan kotoran binatang sebagai bahan bakar. Ia bergabung dengan karakter utama Front Mission 3 untuk membuktikan kemampuan Wanzer walaupun belum pernah digunakan sama sekali.
2. Suhadi Sadono (Splinter Cell: Pandora Tommorrow)



Suhadi Sadono merupakan tokoh antagonis utama yang menghalangi sepak terjang Sam Fisher di Splinter Cell: Pandora Tommorrow. Ia adalah pemimpin gerakan gerilya bernama Darah dan Doa yang pada awalnya merupakan organisasi “bayangan” yang dibentuk CIA selama konflik Timor Timur. Namun, ketika Amerika mengendurkan dukungan terhadap Indonesia, Sadono melihatnya sebagai sebuah pengkhianatan. Akibatnya? Ia bersumpah untuk menghancurkan Amerika menggunakan varian senjata biologis yang mematikan.
3. Raging Raven (Metal Gear Solid 4: Guns of The Patriots)



Raging Raven merupakan salah satu bos yang fenomenal di MGS 4. Ia termasuk dalam salah satu anggota Beauty and Beast. Karakter yang diperankan oleh Yumi Kikuchi ini memang mengandung pesona kecantikan yang luar biasa. Raven diceritakan sebagai korban tidak langsung perperangan di Aceh. Waktu kecil, ia sempat ditawan oleh tentara pemerintahan yang sudah lelah dengan perang yang tak pernah usai di Aceh. Untuk menyalurkan rasa frustasi tersebut, anak-anak tawanan perang ini sering kali mendapatkan siksaan, termasuk si Raven. Hingga pada suatu saat, tentara-tentara itu pergi begitu saja, meninggalkan anak-anak ini tetap dalam kurungan. Burung-burung gagak mulai datang dan memakan satu persatu anak-anak yang masih kecil ini hidup-hidup. Ketika tiba giliran Raven, burung gagak tersebut justru mematuk hingga putus tali yang mengikat Raven dan membiarkan anak tersebut lari ke desa terdekat dan selamat. Sejak saat itu Raven dipenuhi dengan rasa marah yang tidak tersalurkan.
4. Eddy Raja (Uncharted : Drake’s Fortune)


Eddy Raja merupakan satu dari tiga musuh besar yang harus dikalahkan oleh Nathan Drake di Uncharted seri pertama. Diceritakan sebagai pemimpin bajak laut Indonesia, Eddy bekerja sama dengan teroris Internasional untuk memburu harta karun El Dorado yang dicari oleh Drake. Bahkan beberapa adegan di dalam game ini memperihatkan Drake harus berbicara bahasa Indonesia ketika memburu Eddy di Kalimantan.  (Tribute to nirleka - via comment – for the information!)
Satu karakter protagonis, dan dua karakter antagonis. Apakah ini menggambarkan persepsi dunia terhadap Indonesia sendiri? Bahkan dari kacamata manusia jenius seperti Clancy dan Hideo Kojima? Saya sendiri hanya ingat dengan tiga karakter Indonesia ini karena latar belakang dan visualisasi dalam game yang cukup unik. Apakah ada di antara kalian yang mengetahui karakter Indonesia dari game lain? Jangan ragu berbagi di sini.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Label

Info software game Health Sejarah anti virus trik gambar lucu gambar keren Info unik berita dan cerita unik software Converter dunia hewan info islam software portable software Editor film Teknologi Tokoh berita islam Tentang Indonesia Info Bunda Arsitek Gedung Hunian kata kuliner Berita Sport pendidikan DUNIA MILITER otomotif software Creator software Multimedia Sepak Bola software downloader software office Sains IPTEK Internet Motifasi ebook alam software Internet berita cerita unik dan lucu keajaiban alam alamat link Info Manca Negara Tampilan renungan gambar Keajaiban Al-Quran software islam Adobe Photoshop Lagu Tubuh Kita dunia extreme dunia flora mitos Foto video Fonts Icons and Buttons software Mobile software protector Tutorial Microsoft Office kamus software android software protect Berita Olah Raga Figur Maps Downloader promo Antariksa Dunia Misteri Tutorial buah software anti maling Driver Games Downloader OS Software BlackBerry adobe reader animasi komputer software Anti Porn software Get Data Back software simulasi software untuk usaha tips 3D Maker Aktivity BILLING Dokumentasi Eksperimen Face Logon Kumpulan Surat MP3 Cutter and Editor Recover Windows Screen Capture Software Akuntansi Software Billing Software Connection Software Pembaca Tulisan Software TeamTalk chat Software Webcam Software spy Software tampilan TuneUp Utilities ala ant arti biografi cheat corel cre desktop flash disk gam gambar jadul google google earth herbal hew i ilustrasi in info hp kasih sayang kreasi label pantun pelacak puisi repair resep s seni sof software Creator avi software Creator program software Cutter software Detektor software Emulator software LJK software Office Tab software Penghemat daya software Quis software RECOVERY software UNINSTALLER software anak software animasi software cek data software copy software driver software karaoke software pendeteksi software perintah software remote PC software usil sos syair toolkit tri trik blog tv streaming un undangan windows 7
Powered By Blogger