sengaja ane post lagi, infonya MEMBANGGAKAN! Klo dulu tuh ya, di dalam sebuah cockpit tuh bisa ada 3-5 orang. Banyak bgt, apa aja tugas mereka? biasanya mereka itu dalam satu cockpit ada Pilot, Co-Pilot, Navigasi, telekomunikasi, dan teknisi.
Nah, berkat kemajuan teknologi, skrg dalam satu cockpit cukup hanya dengan 2 awak aja. simpel kan? berikut sejarahnya...
18 Januari 1983
“Adalah Tn. Wiweko yang melahirkan Forward Facing Crew Cockpit dua awak. Kami bangga bahwa pesawat jenis ini telah menggunakan ide yang berasal dari pikiran seorang putra Indonesia, digabungkan dengan teknologi modern baru, yang menggunakan ‘push button illuminated switches’ dan sistem ‘digital’. Kokpit dua awak ini telah menjadi kenyataan, dan saya percaya bahwa ‘Garuda Design’ ini akan menjadi pilihan bagi semua maskapai penerbangan.”
Fritz Winkelmann, Manajer Penjualan untuk Asia Jauh, Airbus Industrie
Anda pernah melihat isi kokpit pesawat? Pasti yang sering Anda lihat kokpit dua awak. Nah, kokpit ini dirancang oleh Wiweko Soepono, Direktur Utama Garuda Indonesian Airways kelahiran Blitar, 18 Januari 1923.
Kokpit yang disebut Fritz tersebut, menjadi cikal bakal dari semua kokpit berawak dua pilot pesawat badan lebar dan jumbo, bahkan sekarang pada jetliner terbesar di dunia – superjumbo Airbus A380. Airbus kemudian memberi gelar kehormatan pada Wiweko sebagai “Bapak Two-man Forward Facing Crew Cockpit.”
Agar berbeda dan memelopori sesuatu yang baru, ketika Eropa hendak mengembangkan pesawat berbadan lebar Airbus tahun 1967, Roger Beteille, Executive Vice President dan General Manager Airbus Industrie, pernah melontarkan gagasan tentang pesawat Airbus yang kokpitnya diawaki dua orang. Gagasannya mengambil dasar pesawat dua awak buatan Perancis, Caravelle, tapi pasar saat itu hanya mau menyerap pesawat badan lebar Boeing, Douglas dan Lockheed yang kokpitnya tetap dilengkapi side-panel bagi flight engineer.
Sementara Wiweko di belahan Bumi yang lain telah mengambil langkah berani menuju two-man crew cockpit bagi pesawat kapasitas besar. Ia menciutkan jumlah awak kokpit pesawat bermesin empat Douglas DC-8 dari lima menjadi tiga orang. Alasannya, flight radio operator dan navigator tidak diperlukan lagi di pesawat, karena sudah tertangani penerbangnya.
Garuda Indonesia A300B4, pesawat berkokpit dua awak pertama di dunia.
Mengambil pengalaman DC-8, dan pengalaman terbang solo melintasi Samudera Pasifik dengan Beechcraft Super H-18 dari Amerika Serikat ke Jakarta, Wiweko berkesimpulan bahwa kokpit A300 cukup diawaki dua orang saja. “Keluarkan kursi (flight engineer) itu dan mari kita berunding mengenai pembelian pesawat,” katanya kepada Roger Beteille.
Seketika itu Beteille terkejut, ia telah menemukan seseorang dengan visi jauh ke depan yang sama. Dan orang itu adalah Wiweko Soepono, asal negara berkembang tapi maju pemikiran dan pandangannya dalam menerapkan teknologi mutakhir penerbangan.
Dalam proses pembuatannya, Wiweko Soepono ikut aktif dalam merancang two-man crew cockpit Airbus ini. Juga saat ia bersama Beechcraft merancang dan mempersiapkan Beechcraft Super H-18 untuk terbang solonya melintasi Pasifik. Selama 60 jam Wiweko terbang sendiri melintasi Pasifik, sambil refueling di Honolulu, Pulau Wake, Guam dan Manila. Prestasi yang sangat luar biasa bagi seorang penerbang.
Wiweko-lah orang Asia pertama yang berhasil terbang sendiri melintasi Pasifik dengan pesawat angkut ringan – sebagai perbandingan, jarak daratan Amerika ke Hawaii lebih jauh daripada jarak New York ke Paris sejauh 5.806,8 km yang ditempuh penerbang terkenal Charles Lindbergh tanggal 20-21 Mei 1927.
Kamis, 01 November 2012
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Label
Info
software
game
Health
Sejarah
anti virus
trik
gambar lucu
gambar keren
Info unik
berita dan cerita unik
software Converter
dunia hewan
info islam
software portable
software Editor
film
Teknologi
Tokoh
berita islam
Tentang Indonesia
Info Bunda
Arsitek Gedung Hunian
kata
kuliner
Berita
Sport
pendidikan
DUNIA MILITER
otomotif
software Creator
software Multimedia
Sepak Bola
software downloader
software office
Sains
IPTEK
Internet
Motifasi
ebook
alam
software Internet
berita cerita unik dan lucu
keajaiban alam
alamat link
Info Manca Negara
Tampilan
renungan
gambar
Keajaiban Al-Quran
software islam
Adobe Photoshop
Lagu
Tubuh Kita
dunia extreme
dunia flora
mitos
Foto
video
Fonts Icons and Buttons
software Mobile
software protector
Tutorial Microsoft Office
kamus
software android
software protect
Berita Olah Raga
Figur
Maps Downloader
promo
Antariksa
Dunia Misteri
Tutorial
buah
software anti maling
Driver
Games Downloader
OS
Software BlackBerry
adobe reader
animasi
komputer
software Anti Porn
software Get Data Back
software simulasi
software untuk usaha
tips
3D Maker
Aktivity
BILLING
Dokumentasi
Eksperimen
Face Logon
Kumpulan Surat
MP3 Cutter and Editor
Recover Windows
Screen Capture
Software Akuntansi
Software Billing
Software Connection
Software Pembaca Tulisan
Software TeamTalk chat
Software Webcam
Software spy
Software tampilan
TuneUp Utilities
ala
ant
arti
biografi
cheat
corel
cre
desktop
flash disk
gam
gambar jadul
google
google earth
herbal
hew
i
ilustrasi
in
info hp
kasih sayang
kreasi
label
pantun
pelacak
puisi
repair
resep
s
seni
sof
software Creator avi
software Creator program
software Cutter
software Detektor
software Emulator
software LJK
software Office Tab
software Penghemat daya
software Quis
software RECOVERY
software UNINSTALLER
software anak
software animasi
software cek data
software copy
software driver
software karaoke
software pendeteksi
software perintah
software remote PC
software usil
sos
syair
toolkit
tri
trik blog
tv streaming
un
undangan
windows 7
Tidak ada komentar:
Posting Komentar